Aktifitas Skripsi: Rahman Arief (0610633059)

 Judul Skripsi

Pengendalian Arus Power Supply Hand-Tool pemotong styrofoam dengan hotwire berbasis mikrokontroler ATMEGA-328 *) topik skripsi

 Rahman Arief, NIM: 0610633059 

Pembimbing: Ir. Purwanto, MT.,  Ir. Bambang Siswoyo, MT. 

Merupakan penelitian mandiri dengan biaya sendiri, diwujudkan menjadi topik skripsi dengan susunan peneliti:

Peneliti Utama  : Ir. Bambang Siswoyo, MT. 
Anggota Peneliti  : Rahman Arief 
Proposal disetujui : 11 Juli 2011 
Seminar Hasil : 17 Januari 2012
Selesai : 5 Pebruari 2012
Ujian Komprehensip : 10 Pebruari 2012

Latar belakang pemikiran penelitian

Didalam proses pembuatan pesawat terbang model dengan berbahan styrofoam, diperlukan peralatan pemotong serbaguna untuk menempatkan komponen-komponen seperti: Servo kendali kontrol pesawat yaitu Aileron, Ruder, dan Elevator. Namun juga diperlukan untuk membentuk dengan bentuk potong disesuaikan dengan kebutuhan lainnya. Alat pemotong yang sering digunakan andalah dengan menggunakan kawat nikelin yang diberi tegangan dc sehingga timbul panas yang sesuai dengan kebutuhan minimum untuk dapat memotong styrofoam. Alat potong yang disesuaikan dengan bentuk lekukan nikelin akan mendapatkan model potongan tertentu. Bentuk segi empat akan membentuk lobang dengan bentuk segi empat. Dalam penelitian ini ditekankan pada alat potong khusus untuk membentuk potongan kecil disebut sebagai Hand-tool pemotong styrofoam. Permasalahan umum yang terjadi bahwa nikelin yang digunakan memiliki panjang dan diameter yang berbeda-beda, sehingga akan memiliki resistansi yang berbeda. Secara manual biasanya tegangan dc disesuaikan dengan menaikkan dan menurunkan tegangannya. Pada penelitian ini akan menyelesaikan cara konvensional dengan membuat sistem power supply yang dapat mengatur arus sesuai dengan kebutuhan. Untuk selanjutnya akan dikembangkan dengan adanya database tool yang digunakan, sehingga tidak perlu lagi menyesuaikan arus yang diperlukan, melainkan cukup memilih  data tool yang disimpan dalam memori eeprom.

Solusi Penelitian

Rekayasa rancang-bangun alat ini memiliki arsitektur secara blok diagram diperlihatkan sebagai berikut: 

©Design dan perancangan: Bambang Siswoyo, 2010

Perancangan sistem pengendalian atau pengontrolan arus power supply hand-tool pemotong styrofoam dengan hot wire dirancang dengan spesifikasi sebagai berikut :

  1. Menggunakan Mikrokontroller AVR ATMEGA-328 sebagai pengontrol utama.
  2. Menggunakan LCD tipe M1632 (16 kolom x 2 baris) sebagai penampil informasi yang dikontrol oleh Mikrokontroller.
  3. Menggunakan ADC internal AVR ATMEGA-328 sebagai konverter masukan sinyal analog dari pengkondisi sinyal menjadi besaran digital sehingga dapat dibaca dan diolah oleh mikrokontroler.
  4. Menggunakan umpan balik arus dari hot wire hand-tool.
  5. Menggunakan keypad 2×4 tombol untuk memasukkan set point setting arus untuk setiap jenis Styrofoam dan jenis alat potong .
  6. Aktuator adalah berupa tegangan DC 6V diatur dengan metode PWM (pulse width modulation)
  7. Kontroler menggunakan algoritma kontroler P.

Cincopa WordPress plugin

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in skripsi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>