Aktifitas Riset S3

Aku adalah mahasiswa S3 di Fakultas Teknik Mesin, mengambil bidang Otomasi Manufaktur. Terdaftar sebagai mahasiswa sejak tahun 2008, lebih lengkapnya tentang aku silakan di klik disini.

Aktifitas-aktifitas riset S3 lainnya saya posting disini.

Memang sebuah keputusan terbaik aku melanjutkan studi di UB dengan mengambil jurusan yang berbeda dari sebelumnya namun sangat berhubungan erat. Aku lekat dengan keahlian dibidang elektronika, karena aku adalah staf pengajar jurusan elektro di UB. Bidang yang sangat lekat dan aku minati terakhir kali adalah Sistem Kontrol terutama embedding sistem. Apalagi studi S3 ini untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan riset S2 yang telah aku selesaikan. Mengenai hasil riset S2 dibidang sistem kontrol, embedding Fuzzy Logic Controller ke FPGA, informasi lebih lanjut silakan di klik disini.

Aku mengambil topik riset S3 dibidang sistem kontrol robot lengan PUMA  yang biasa digunakan dalam otomasi manufaktur seperti assembling, pengelasan, pengecatan, dan lain sebagainya. Tetap dalam risetku meneruskan apa yang telah dilakukan dalam riset s2. Hanya saja aku menerapkannya sebagai kontroler pada robot PUMA. Konsep ini adalah terbaru, karena aku akan membuat kontroler agar mandiri atau standalone yang dibenamkan dalam FPGA. Dengan demikian komputer yang biasanya sekaligus digunakan sebagai kontroler posisi akan diambil alih oleh FPGA. Selanjutnya komputer dapat digunakan komputer pada umumnya, biasanya harus komputer bawaan pabrik pemuat robot tersebut.

Untuk menguji konsep baru kontroler robot PUMA dalam riset s3 ini, diperlukan mekanik robot lengan agar diketahui unjuk kerja kontroler hasil disain saya. Namun institusi tidak memiliki  mekanik lengan robot PUMA tersebut, sehingga mau tidak mau aku harus membuatnya terlebih dahulu.

Akhirnya aku upayakan sendiri untuk membuat lengan robot PUMA jenis 560 yang memiliki geometri seperti dalam gambar berikut ini.

 

 

Aku awal mula berharap pengerjaan mekanik berupa lengan robot PUMA 560 ini selesai, sebagai alat justifikasi riset kontroler robot  ini dengan mengimplementasikan FPGA sebagai komponennya. Awalnya aku harus belajar menggunakan mesin bubut sebagai mesin utamanya. Semua bisa aku kuasai bahkan menggunakan las listrik, bor dan lain sebagainya. Lumayan lah, tidak perlu membayar tukang karena aku sendiri sudah bisa menjadi tukang. Menjadi mekanikal tidaklah mudah perlu ketelatenan dan kepiawaian didalam menghadapi besi-besi yang sangat keras. Juga beruntung sudah ada fasilitas mesin untuk mengerjakannya diantaranya, mesin bubut, bor duduk, las listrik lainnya aku harus membeli sendiri dari sebagian uang BPPSku.

Pada akhirnya mekanik Robot Puma 560 ini selesai sampai hampir 2 derajat kebebasan. Yah, biasa permasalahan klasik yang biasa terjadi di Indonesia yaitu masalah Biaya. Biaya riset BPPSku sudah habis terkuras, dan sekarang sudah tidak lagi mendapatkan BPPS.

YouTube Preview Image

YouTube Preview Image

Mengenai aktifitas-aktifitas riset s3 lainnya dapat anda klik disini.

Mekanik Robot PUMA 560 yang telah aku selesaikan seperti yang tertera dalam gambar berikut ini.

Sekarang riset S3ku sudah idle alias mangkrak atau sedang menunggu pendanaan dari dana pribadi karena dari dana institusi tidak ada jalur untuk mendapatkannya agar risetku bisa selesai. Untuk menunggu dana pribadi belum tentu ada dana lebih karena biaya hidup semakin tinggi dari waktu ke waktu.

Yah saya hanya menunggu keajaiban alam……..

Last updated by at .

2 Responses to Aktifitas Riset S3

  1. nur hidayat says:

    ajukan dana hibah pak…… siapa tahu dapat juga dana2 OPF dari fakultas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>