Semangat untuk menempa diri adalah usaha untuk lepas dari kemunafikan

Semangat adalah kata-kata yang pernah digunakan dijaman perjuangan ’45. Tanpa ada semangat tidak akan pernah ada perubahan. Bangun semangat diri, untuk mendapatkan kemampuan diri agar terhindar dari kemunafikan. Mulut berkata, hati tapi tidak merestui, mulut berkata bijak tapi tidak dapat menjadi teladan, tong kosong nyaring bunyinya. 

Semangat sebenarnya untuk diri sendiri, untuk bisa melakukan sebuah perjuangan hidup. Dapatkan kemajuan hidup ini dengan dilahirkan dari semangat diri sendiri. Biasakan kehidupan kita terangkat dari kemampuan diri yang diawali dari semangat. Jangan memberikan semangat kepada orang lain jika ujung-unjungnya kemajuan orang lain untuk kepentingan yang memberi semangat. 

Dalam dunia musik, kemunafikan hampir tidak ada.

Kenapa demikian ?

Karena dikatakan Jago menyanyi, secara langsung dapat diuji kemampuannya dengan mendengar suaranya secara langsung, dan menjadi melekat pada diri seseorang. 

Namun di dunia ilmu pengetahuan, masih rancu mana yang jago beneran dan mana yang hanya omong doang. Sangatlah sulit dibuktikan, kenyataannya yang pandai berbicara malah dianggap yang paling mengerti.  

Melalui hobi musik memainkan saxophone, bermodalkan semangat dapat digunakan sebagai upaya menempa diri untuk keluar dari kemunafikan. Karena menurut saya suara yang keluar dari saxophone merupakan wujud dari kemampuan sang peniupnya, tidak akan pernah tertipu. Dengan rasa semangat, sarana tidak menjadi penghalang untuk menempa diri meniup saxophone dengan baik dan benar. Kamar mandipun bisa dipakai sebagai tempat latihan agar tidak mengganggu yang lainnya.

Yang penting Semangat utuk menempa diri masih ada dalam diri kita.

YouTube Preview Image

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in Saxophone, Video and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>