Cara setting Radio Control pada simulator PhoenixRC

Program simulator PhoenixRC merupakan program yang cukup ringan untuk melatih pilot pesawat aeromodeling sebelum menerbangkan pesawat model yang sesungguhnya untuk mengurangi kecelakaan.

Untuk menggunakan simulator ini anda harus memiliki USB Dongle berfungsi untuk menterjemahkan data PPM dari Radio Control yang ditancapkan di konektor trainer biasanya ada dibelakang. 

Selain itu dongle ini berfungsi layaknya sebagai serial number dari software. PhoenixRC ini bisa terupdate secara otomatis, sampai saat ini saya telah mengupdate sampai versi 4.0.m.

Langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Installah program simulator PhoenixRC
  2. Tancapkan USB dongle ke komputer, posisikan switch ke PhoenixRC
  3. Jalankan program PhoenixRC, jika minta update sebaiknya diupdateTancapkan kabel stereo ke port trainer pada Radio
    Selanjutnya jalankan program PhoenixRC, bila perlu diupdate jika minta harus diupdate. PhoenixRC saat ini yang terbaru adalah versi 4.0.m. PhoenixRC ini dapat melakukan update secara otomatis melalui jaringan internet, selama dongle anda terhubung dan dikenali dengan programnya. Sebelum anda memainkannya perlu untuk mengatur control yang anda miliki. Saya menggunakan radio remote kontrol FlySky dengan firmware ER9X. Mungkin anda menggunakan jenis radio dan firmware yang berbeda. 

Selanjutnya adalah mengkonfigurasi radio anda. Lakukanlah langkah-langkah berikut ini:

Jalankan program PhoenixRC akan tampil tampilan seperti berikut ini:

 Berikutnya anda perlu setup transmiter dengan mengklik menu System=>Setup New Trasmitter.

Baca petunjuk yang ditampilkan setiap anda mengklik tombol Next. Tekanlah tombol Next sampai tampilan menjadi sebagai berikut:

Posisikan semua stick ke tengah-tengah. Selanjutnya tekan tombol Next, akan muncul tampilan:

Gerakkan semua stick Throtle (kiri arah vertikal), Ruder (kiri arah horisontal), Elevator (kanan arah vertikal), Aileron (kanan arah horisontal). Stick ini adalah stick Mode 2. Semua stick digerakkan kearah maksimal yaitu atas-bawah, kiri-kanan. Amati kanal yang tampil setiap pergerakan stick. Ini tergantug pada konfigurasi radio anda. Pada radio saya Kanan 1,2,3,4 masing-masing adalah Throtle, Ruder, Elevator dan Aileron. Setelah itu tekan tombol Next, akan muncul tampilan sebagai berikut:

Gerakkan semua switch yang ada kearah belakang atau atas. Hal ini opsional, biasanya firmware mengkonfirmasi agar stick throtle ke arah bawah dan semua switch kondisi off yaitu kebelakang atau keatas. Selanjutnya tekan tombol Next dan akan muncul tampilan sebagai berikut:

Disini anda diberi kesepatan sekali lagi untuk mengecek ulang range dari stick apakah sudah benar dengan melihat secara grafik minimal dan maksimalnya sesuai dengan kondisi stick yang sebenarnya. Sekali lagi ingatlah kanal dari stick yang bersesuaian dengan Throtle, Ruder, Elevator dan Aileron. Tekan tombol Finish akan muncul:

Dengan munculnya tampilan diatas anda telah selesai mengklibrasi stick pada radio anda. Selanjutnya adalah membuat profile radio, tekanlah tombol Next selanjutnya akan muncul:

Pilihlah merek radio anda atau yang kompatibel dengan daftar yang ditampilkan. Kalau tidak ditemukan pilihlah “Custom” seperti radio yang saya miliki, Selanjutnya klik Next sampai muncul:

Disini bertujuan untuk memberi nama profile dari radio anda misalnya “FlySky-Radio”, untuk pertama kalinya pilih Quick Setup, kemudian tekan tombol Next akan muncul:

Arahkan seluruh stick ke posisi tengah, kemudian tekan tombol Next, akan muncul:

Disini anda diminta, stick yang mana yang akan digunakan untuk engine/throtle. Pada radio mode 2, throtle stick adalah dikiri arah atas/bawah. Gerakkan stick tersebut seharusnya merespon pergerakan dengan munculnya slider pada tampilan, kemudian tekan tombol Next akan muncul:

Disini menanyakan stick untuk kontrol collective, biasanya untuk helicopter, karena disini untuk fixwing yah samakan saja dengan sebelumnya kemudian tekan tombol Next, akan muncul:

Disini anda diminta untuk menggerakkan stick untuk kontrol ruder. Untuk Mode 2, gerakkan stick kiri ke arah kiri dan kanan, harus terjadi respon dengan munculnya slider. Tekan tombol Next akan muncul:

Disini anda diminta untuk menggerakkan stick untuk kontrol elevator, pada Mode 2 gerakkan stick kanan kearah atas dan bawah, sekali lagi harus ada respon. Tekan tombol Next akan muncul:

Disini anda diminta untuk menggerakkan stick kontrol aileron, pada Mode 2 adalah stick kanan kearah atas dan bawah. Tekan tombol Next, langkahi tampilan berikutnya sampai muncul tampilan:

Sampai disini anda sudah selesai mesetup radio anda dengan nama Profile “FlySky-Radio”.

Cobalah gunakan untuk terbang dengan memilih pesawat model fix-wing yang anda inginkan. Cek respon throtle, stick kiri digerakkan keatas maka rpm engine semakin naik. Jika terbalik, dapat anda balik di Radio anda atau di menu phoenixRC. Begitu pula stick elevator, jika stick kanan ke arah bawah, pesawat akan menaik, sebaliknya jika stick ke atas pesawat akan turun. Balik jika kondisi ini terbalik. Jika stick kanan digerakkan ke kanan, maka pesawat akan roll ke kanan. Jika stick kiri digerakkan kekanan maka pesawat akan berputar ke kanan. Tentu saja referensinya adalah seperti anda menaiki pesawat dan memandang kearah depan.

Selamat mencoba.

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in hobby, RC Model and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Cara setting Radio Control pada simulator PhoenixRC

  1. faris says:

    mas kalo nyba ngontrolnya make stik ps2 bisa g??

  2. azhar says:

    Bagaimanakah nak setup kembali alieron terbalik tolak kanan kiri pusing. saya menggunakan futaba T6J ( pada kapal yang sebenar ) bukan pada simulator.

  3. ruben says:

    mas, saya punya Radio control ALIGN Micro heli AT 100..
    tapi gak bisa kebaca di simulator phoenixRC nya, ada solusi gak mas buat setting RC ALIGN ke simulator phoenixRC..
    mohon bantuan nya mas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>