Vinculum VDRIVE2: modul antarmuka USB Host untuk Flashdisk

Dengan adanya modul VDRIVE2 keluaran vinculum, memungkinkan mikrokontroler dapat membaca dan menulis data ke media penyimpan data flashdisk. Didalamnya ada firmware yang mengendalikan hubungan dengan flashdisk, sehingga antarmuka pembacaan dan penulisan data dengan mikrokontroler secara serial atau SPI. Dengan menggunakan modul ini mikrokontroler akan dapat melakukan operasi layaknya jika flashdisk ditancapkan ke komputer. Hanya saja flashdisk harus diformat terlebih dahulu menggunakan komputer dengan format FAT16 sebelum digunakan. Dengan demikian mikrokontroler dapat membuat direktori, menhapus direktori, menulis data dalam file dan lain sebagainya. Dalam sistem mikroprosesor dapat digunakan sebagai media penyimpan data yang dapat diubah-ubah isinya, misalnya sebagai datalogger.

Untuk mempelajari perintah-perintah yang dimengerti oleh modul ini, saya mengujinya dengan menghubungkan secara serial melalui USBtoSerial-TTL yang ditancapkan ke USB komputer. Kemudian dengan menggunakan program Hyperterminal dengan setting baud 9600,8,n,1 tanpa protokol handshaking, saya dapat mempelajari perintah-perintah sebelum diaplikasikan ke mikrokontroler.

Perintah yang diberikan secara serial merupakan perintah seperti dalam DOS (Disk Operating System), namun perintahnya banyak perbedaan. 

Anda tertarik dan membutuhkan modul ini ?

Silakan hubungi saya atau beri komentar, saya memiliki 10 modul untuk dijual kepada yang membutuhkannya.

Untuk mengetahui perintah-perintah dalam bentuk ASCII pada modul ini, silakan dibaca buku yang dapat anda download dibawah ini.

 

Download disini

 

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in Electronics, Elektronika, Hardware, Mikrokontroler and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>