Board TINIWeb: web server

Dalam posting sebelumnya, telah dijelaskan secara dasar gambaran umum dari board ini. Board ini masih memiliki keunggulan mengenai network, selain bahasa pemrogramannya dapat dibuat dengan menggunakan java, C dan assembly. Kemampuan multitasking juga perlu mendapat acungan jempol karena prinsip kerjanya seperti OS Linux.

Persiapan setting firmware

Ada dua bagian firmware yang ada dalam board ini yaitu Slush dan TiniOS. Terakhir pengembangan versinya yang saya miliki adalah slush dan TiniOS versi 1.18. Sungguh beruntung saya masih menyimpannya dengan baik dan masih ada sampai saat ini. Slush merupakan firmware layaknya seperti firmware bootloader saat awal board bekerja. Sedangkan TiniOS merupakan sistem operasi yang mengadopsi seperti halnya linux namun minimalis.

Perangkat lunak yang diperlukan adalah:

  1. MTK merupakan singkatan dari Microcontroller Tool Kit yang dikeluarkan oleh Dallas Semiconductor. Perangkat lunak ini digunakan untuk meng-upload firmware dan konsole user menggunakan antarmuka secara serial RS232. Hal ini berguna jika board diaktifkan pertama kali karena koneksi TCP/IP belum ada, atau untuk mengupgrade firmware. Program MTK dapat anda download disini. Pilih salah satu versi yaitu 2.4.12 atau 2.4.14.
  2. Tini SDK berisi firmware slush dan TiniOS beserta library java ditulis oleh Dallas Semiconductor. Versi ini  harus sesuai dengan versi boardnya yaitu DS80C400 atau versi tini400. Silakan klik disini untuk mendapatkan Tini SDK tersebut.

Upload firmware

Sebagai persiapan awal, anda harus mengupload firmware slush dan tiniOS versi 1.18 ke board TINIWeb. Serial 0 dengan konektor DB9 dengan tanda “Loader Serial 0″ dihubungkan dengan RS232 komputer. Saya sarankan gunakan serial komputer PC, karena saya menggunakan USB to Serial dengan laptop tidak berhasil, entah kenapa. Catu daya yang dibutuhkan adalah 5VDC tidak boleh lebih, dan jumper DTR untuk reset bootloader harus dipasang.

Setelah anda memasang ke serial komputer (PC), biasanya kanal COM1 dan memasang catu daya 5V, jalankan program MTK kemudian setting sebagai berikut:

  1. Configurasi port dengan menggunakan menu: Options => “Configure Serial Port”. Setting kanal serial sesuai dengan kondisi komputer anda, baudrate 115200,8,n,1.
  2. Buka kanal serial dengan menggunakan menu: TINI(R)=>Open ComX……..
  3. Reset board dengan menggunakan menu: TINI(R)=>Reset
Akan muncul tampilan sebagai berikut:

Upload firmware slush_400.tbin dan tini.tbin

Untuk mengupload firmware gunakan menu: File=>Load file. Pilih file slush_400.tbin selanjutnya tini.tbin. File ini ada di direktori tini1.18\bin dari file yang anda download di link diatas, atau anda download disini.

…. bersambung …..

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in Hardware, Network and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>