Board TINIWeb: pengantar

Kali ini saya akan menjelaskan sebuah board keluaran Dallas Semiconductor yaitu TINIWeb. TINI merupakan merek dagang dari Dallas Semiconductor dengan kepanjangan Tiny InterNet Interface, sedangkan Web adalah berbasis Web. Sampai saat ini board tidak dikembangkan lagi, dan menurut saya merupakan board yang memiliki fitur yang banyak terutama untuk networking. Jadi sampai saat ini masih memiliki kesaktian untuk mengaplikasikan fitur network terutama berbasis web. Terdapat dua board yaitu: Board Utama dan Board Mikrokontroler.

Board Utama

Board ini terdiri dari sekumpulan konektor antara lain:

  1. Konektor catudaya DC 5V
  2. Konektor antar muka 1wire (antarmuka 1 kawat)
  3. Konektor Ethernet
  4. Konektor DB9 serial
  5. Konektor DB9 serial untuk loader
  6. Konektor untuk board mikrokontroler
  7. Beberapa konektor header untuk: CAN (Controller Area Network), merupakan antarmuka jaringan antar mikrokontroler. 
  8. Konektor header untuk SPI (Serial Parallel Interface)
  9. Serta komponen kosong untuk I/O menggunakan CPLD XILINX, anda dapat menambahkannya dengan menyolder secara langsung pada pad yang disediakan. 

Board Mikrokontroler

Board mikrokontroler ini berisi komponen utama mikrokontroler DS80C400 yang merupakan turunan dari mikrokontroler 8051. Dalam board ini telah dilengkapi dengan Flash EEPROM dan RAM.

Board ini tergolong belum jadul, karena semua fitur sangat lengkap, dilengkapi dengan OS seperti linux, jadi dapat melakukan eksekusi program secara multitasking. OS didalamnya dapat melakukan eksekusi secara paralel layaknya OS linux, dengan program dibuat dengan bahasa java, assembly,  dan C (keil). Koneksi networknya juga menunjang untuk koneksi web, ssh, telnet dan port lainnya tergantung program, karena berbasis TCP/IP.

Saya memiliki pasangan board yaitu board utama dan mikrokontroler sebanyak 12 pasang. Satu pasang saya gunakan untuk eksperimen, jadi tinggal 11 pasang yang menganggur dan siap untuk dijual kepada para pembaca blog saya. Jika berminat berikan comment pada halaman ini, pasti akan saya jawab.

Dalam posting disini, saya hanya memberikan gambaran tentang fitur-fitur yang ada dalam board ini, menurut saya belum ada tandingannya pada kelas yang sama.

Untuk lebih jelasnya mengenai spesifikasi dan fitur board TINI ini, ada baiknya jika anda membaca buku berikut ini sebagai gambaran mengenai board ini.

Download disini

Anda tertarik dengan board TINIWeb ini ?

Silakan berikan komentar, dan pada posting berikutnya akan saya tuliskan aplikasi-aplikasi kecil dari board ini.

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in Hardware, Network and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Board TINIWeb: pengantar

  1. nabil says:

    barangnya apa masih ada? harganya berapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>