Cara menjadi pilot pesawat aeromodelling yang handal

Bagi para peng-hobi pesawat aeromodelling akan didasari oleh  motivasi yang berbeda-beda diantaranya adalah:

  1. Sekedar Hobi untuk rekreasi atau refreshing menjadi pilot.
  2. Hobi dibidang ketrampilan membuat pesawat model, baik dari bahan styrofoam, balsa sampai composite.
  3. Hobi mempelajari geometri dan menciptakan model pesawat baru.
  4. Mendalami ilmu dibidang model gerak pesawat udara melalui pesawat model.
  5. Mendalami dibidang flight control system, yaitu kontrol kestabilan, Auto pilot dan lain sebagainya.

Untuk para penggemar aeromodelling hanya sekedar rekreasi atau hobi menerbangkan pesawat model, dapat dilakukan siapa saja dengan cara belajar dipandu oleh pelatih yang telah berpengalaman. Pemanduan bisa dilakukan dengan satu Radio Control ataupun dua Radio Control. Jika tidak dipandu terlebih dahulu, maka akan memakan korban beberapa pesawat mengalami crash sudah barang tentu akan banyak uang yang akan dikeluarkan.

Namun untuk belajar menjadi pilot handal pesawat aeromodelling, tidak perlu harus langsung menerbangkan pesawat model dilapangan, melainkan bisa belajar melalui program simulator yang dijalankan pada komputer atau laptop. Konfigurasi kebutuhan adalah dua macam yaitu:

  1. USB Joystick simulator + Program Simulator RC-Plane
  2. Radio Control +  Dongle Program Simulator RC Plane

Saya menyarankan point 2, karena anda akan terbiasa menggunakan Radio RC yang nantinya jika digunakan dilapangan dengan pesawat model akan terbiasa dengan Joysticknya tanpa harus melakukan adaptasi. Radio control bisa dipilih dari harga yang paling murah sampai harga yang paling mahal. Saya menggunakan merek FlySky yang terjangkau buatan cina, tapi sudah mencukupi karena radio control ini firmwarenya bisa diganti menjadi yang setara dengan radio control kelas futaba.


Gambar atas adalah radio control merk FlySky, namun transmitter dan receivernya saya upgrade menggunakan merek FrSky seperti yang diperlihatkan pada gambar dibawah. Penggantian ini karena saya inging mengupgrade agar jarak jangkaunya menjadi 1.5Km+.

Sebagai simulator, transmitter dan receiver pada gambar bawah tidak digunakan, dengan menggunakan dongle USB joytstick dapat digunakan untuk mengontrol pesawat dalam program simulator. Selanjutnya jika anda menerbangkan pesawat model yang sebenarnya, maka akan terbiasa dengan kondisi joystick dan pesawat saat latihan dalam simulator tersebut.

Program Simulator RC

Saya menggunakan simulator RC yang tergolong ringan karena saya jalankan dalam laptop dengan prosesor Intel Atom N-550. Program yang digunakan adalah PhoenixRC, dilengkapi dengan berbagai macam pesawat mulai dari Fix Wing, Helicopter, Multicopter.

 

Spitfire

Pesawat ini merupakan pesawat tempur menggunakan propeller dengan nama lengkap: Supermarine Spitfire. Merupakan pesawat tempur Inggris dengan satu tempat duduk. Penggunaannya berakhir sampai tahun 1950. Informasi lengkapnya tentang pesawat ini silakan klik disini.

 Demo


Pilot: Bambang Siswoyo

 

Cessna

Pesawat model ini merupakan pesawat sebenarnya yang dibuat skala kecil pada aeromodelling. Pesawat ini merupakan pesawat satu baling-baling, baik untuk melatih pilot aeromodelling.

Demo


Pilot: Bambang Siswoyo

Multiplex Acromaster

Pesawat ini merupakan pesawat model bukan pesawat sebernarnya yang diperkecil skalanya seperti Spitfire. Pesawat model ini cocok bagi pemula untuk belajar menjadi pilot pesawat model, karena memiliki daya angkat yang besar, bahkan pada ketinggian tanpa throtlepun dapat melayang dengan sempurna. Saya dapat mendaratkan pesawat ini tanpa throtle dengan mulus. Kelihatannya pesawat ini memiliki setup dalam kondisi tail heavy, sehingga sedikit throtle saja pesawat sudah mengangkat.

Demo


Pilot: Bambang Siswoyo

Newpower Modelism Reflex

Pesawat model ini merupakan pesawat yang memiliki kemampuan 3D, yaitu gerakan sangat lincah kesegala arah dengan cepat. Sehingga pesawat model ini digolongkan kedalam pesawat model 3D. Memang pesawat 3D paling sulit dikendalikan karena gerakannya sangat peka. Namun bila anda memiliki Radio Remote yang dapat diprogram, kepekaannya dapat dibatasi dengan end-of-point pada masing-masing servo kendali menjadi 50%. Pesawat ini sangat menyenangkan untuk dijadikan rekreasi, tidak membutuhkan lapangan yang luas. Pesawat ini hampir sama dengan pesawat pertama buatanku.

Demo


Pilot: Bambang Siswoyo

 

Quadcopter Gaui 330-X

Multicopter atau Multirotor merupakan pengembangan dari helikopter yang ada yaitu 1 rotor dan 2 rotor. Quadcopter memiliki 4 rotor, secara komersial belum diproduksi dan digunakan, namun dalam hobi model sudah sering digunakan untuk keperluan hobi atau rekreasi. Quadcopter harus memiliki kontroler yang mengatur daya dorong masing-masing motor agar dapat melayang dan melakukan manuver layaknya pesawat model kategori sayap tetap atau fix-wing.

Demo


Pilot: Bambang Siswoyo

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in hobby, RC Model and tagged , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Cara menjadi pilot pesawat aeromodelling yang handal

  1. setya says:

    kira2x ada gak ya??? untuk mechanic yang jadi untuk tricopternya, tetapi saya tidak menggunakan motor brushles yg 3 kabel itu tetapi pakai motor yang biasaya di pakai untuk helicopter yang sudah jadi, jadi akhirnya rada’ bingung permainan di roda2x gearnya

  2. Bobby F says:

    Salam kenal Mas Bambang……
    saya baru pemula menerbangkan pesawat. hoby untuk rekreasi atau refreshing menjadi pilot aja,
    klo blh tau berapaan harga radio control merk flysky & pesawat Multyplex acromaster jika saya pesan dari mas Bambang???
    posisi saya di Medan, tolong info’a ya mas. tkx

  3. jaka says:

    salam kenal mas bambang.saya jaka dibatam.mau tnya mas
    saya ada pesawat seperti multiplex acromaster.yg mau saya tnyakan.motor brushless apa yg cocok ya mas,trs saya pnya remote art-tech EFLY 4ch 2,4ghz receiver 6ch,yg mau saya tnyakan.itu lampu di receivernya kedip2 trs walaupun remotenya sdh di hidupkan mas.dan batrenya sdh di ganti br jg msh tetap kedip2 aja mas.saya sdh binding ulang tetap ga mau mas.msh aja kedip2 gitu,sampe puyeng saya mas,
    mohon bantuan infonya ya mas bambang
    wassalam
    jaka arema-batam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>