Aktifitas Skripsi: Tony Adi Saputro (0610633072)

Judul Skripsi

Alat pengendali servo X-Y pada styrofoam hotwire cutter berbasis mikrokontroller ATMEGA-328 *) topik skripsi

Tony Adi Saputro, NIM: 0610633072

Pembimbing: Ir. Purwanto, MT., Ir. Bambang Siswoyo, MT.

Merupakan penelitian mandiri dengan biaya sendiri, diwujudkan menjadi topik skripsi dengan susunan peneliti:

Peneliti Utama : Ir. Bambang Siswoyo, MT.
Anggota Peneliti : Tony Adi Saputro
Proposal disetujui : 11 Juli 2011
Seminar Hasil : 17 Januari 2012
Selesai : 5 Pebruari 2012
Ujian Komprehensip : -

Latar belakang pemikiran penelitian

Fuselage merupakan badan pesawat yang memiliki bentuk spesifik agar memiliki aerodinamis yang baik. Fuselage biasanya didisain dengan bentuk agar dapat meloloskan aliran udara dengan baik, sehingga tidak menahan aliran udara. Fuselage utamanya digunakan untuk menempatkan muatan atau payload, yaitu receiver, batery, ESC, Kamera dan lain sebagainya. Untuk membentuk fuselage sedikit lebih rumit daripada membentuk airfoil sayap.

Untuk membentuk fuselage yang sangat komplek, dengan menggunakan pemotongan styrofoam secara radial tidak mungkin dilakukan. Cara yang lebih maju adalah dengan menggunakan CNC, yaitu pemotongan styrofoam menggunakan long-hotwire yang digerakkan oleh mekanik 4 aksis. Mekanik 4 aksis terdiri dari dua mekanik yang masing-masing dapat melakukan gerakan kearah X dan Y. Dalam skripsi ini diteliti tentang sistem kontrol servo dengan menggunakan 4 buah motor stepper. Umpan balik yang digunakan dalam sistem kontrol ini adalah arus dari masing-masing kumparan medan motor stepper. Selanjutnya adalam aplikasinya akan digabungkan dengan CNC yang melakukan pengontrolan secara numerikal.

Solusi Penelitian

Rekayasa rancang-bangun alat ini memiliki arsitektur secara blok diagram diperlihatkan sebagai berikut:

 ©Design dan perancangan: Bambang Siswoyo, 2010

  1. Mikrokontroller ATMEGA-328
    Mikrokontroller ATMEGA-328 berfungsi sebagai kontroller pengaturan posisi dari mekanik pemotong styrofoam gerakan X-Y. Pengaturan posisi ini dilakukan secara numeric disebut dengan istilah numerical control.
  1. Driver
    Driver digunakan untuk memberikan tegangan motor secara on off. Dengan adanya driver ini, tegangan bertaraf logika 0 dan 1 akan diumpankan kepada masukan driver sehingga kondisinya akan on (dicatu tegangan DC) atau off (tidak dicatu tegangan DC). Pada prinsipnya adalah untuk memperkuat arus arus. Setiap motor stepper memiliki 2 pasang penguat karena motor stepper yang digunakan adaah 2 fasa dengan memiliki dua kumparan yang dikategorikan sebagai motor stepper bipolar. Pada driver ini disediakan umpan balik berupa arus pada masing-masing kumparan motor.
  1. Motor Stepper
    Motor stepper digunakan sebagi penggerak mekanik X dan Y. Motor stepper yang digunakan memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Tipe

Nema 17

Step angle

1,8 ˚

Tegangan

3,4 V

Current

1,7 A/fasa

Resisitansi

2Ω/fasa

Induktansi

3mH/fasa

Holding torque

3400g-cm

  1.  RS 232
    Dalam sistem ini disediakan komunikasi RS 232 yang berfungsi komunikasi antara sistem servo dengan operator secara serial. Diantaranya adalah untuk mengeset input sebagai posisi kawat potong yang diinginkan yaitu untuk menggerakkan motor bergerak naik turun ataupun motor bergerak ke atas dan ke bawah. Selain itu komunikasi secara serial ini disediakan untuk memperoleh status dari sistem.

Cincopa WordPress plugin

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in skripsi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>