blog-ku berumur 1 bulan dapat hadiah

Kali ini aku belajar sebagai wartawan buat diriku sendiri, karena blogku “http://bsiswoyo.lecture.ub.ac.id”  mendapatkan hadiah dari Universitas Brawijaya. Hadiah yang aku bawa adalah sebuah “Seagate Expansion Portable Drive” ukuran 1TB. Bukanlah karena hardisk ini yang membuatku sumringah, tapi yang lebih penting adalah bagaimana aku mendapatkannya, jujur saja belum tentu aku sempat, mau dan mampu membelinya. Lengkaplah kebahagian ini, karena semenjak aku menjadi Dosen mulai tahun 1988 hingga kini, tidak pernah mendapatkan hadiah apapun dari event-event yang diselengarakan oleh Universitas Brawijaya, walaupun hanya 1 payung hujan. Ternyata ke-bejo-an-ku tidaklah bisa diharapkan dari hal-hal gratis, semacam undian, kopyokan atau semacamnya, wong ikut arisanpun nomornya yah keluar belakangan. Inipun hadiah yang aku peroleh, didapatkan dengan tidak aku sangka-sangka.

Berawal dari web hostingku sudah mati

Karena web-hostingku sudah mati dan aku tidak bisa memperpanjang lagi, aku putuskan untuk mendaftar blog di hosting http://lecture.ub.ac.id yang memang disediakan oleh para dosen UB. Aku mulai meng-kopi semua data webhostingku di luar negeri, kemudian aku posting kembali di blog http://bsiswoyo.lecture.ub.ac.id, dan aku tambahkan dengan posting-posting lainnya.

Awalnya aku memang tidak tahu kalau blog di UB itu dipertandingkan dan akan mendapat hadiah bagi para pemenangnya. Blog ku termasuk hanya berumur 1bulan saja, karena aku mengaktifkannya pada tanggal 30 Nopember 2011, praktis hanya 30 hari sampai penilaian yaitu akhir Desember 2011. Baru setelah sekitar 20 harian, ada berita bahwa blog di UB akan dipertandingkan dengan menilai konten, aktifitas dlsb. Tapi aku tetap cuek aja, karena blog ku baru saja aktif dan masih bau kencur.

Kemudian dini-hari Jum’at 6-Januari-2011, aku dikejutkan dengan adanya pengumuman melalui milist “All” UB, dan aku tengok isi web, tidak telaten lihat satu-persatu langsung tekan <ctrl>F cari nama “Bambang Siswoyo”…..eh ternyata ada. Aku lihat mendapatkan hadiah HDD ekternal 1TB, yah nayamul. Akhirnya tepat jam 9.45 pada hari itu juga, hadiah sudah ditanganku secara khusus diserahkan oleh “Bang Ratno”, thank bro.

Makna penggunaan Blog UB buat diriku sendiri

Sebenarnya aku adalah tipe orang yang tidak menyukai menulis, karena pikiranku melayang lebih cepat dibanding jari jemariku menuliskan apa yang terlintas di pikiranku. Awalnya aku suka utak-atik diberbagai bidang seperti elektronik, programming, it, mekanik, bahkan terakhir adalah aeromodelling. Bagiku menulis adalah tabu aku lakukan, karena aku orangnya perfeksionis kalau menulis dan pada akhirnya buyar menulis karena tidak pernah puas.

Menurut pemikiran saya blog ini sangat bermanfaat terutama untuk kalangan para dosen yang memang kegiatannya adalah tulis-menulis, ucap-berucap, berotak-atik. Manfaat yang sangat dirasakan oleh saya pribadi adalah:

  1. Menangkap intuisi-Berpikir-Menulis secara spontan
    Belajar menulis dengan mengekpresikan pemikiran secar lugas, ekspresif, spontan dan mudah dicerna, tampil apa adanya itu perlu latihan. Karena biasanya sesuatu yang muncul secara tiba-tiba, dan lugas itu terbitnya dari hati, karena hati memiliki kecepatan didalam memberikan informasi, disini kita bisa melatih diri untuk dapat menangkap intuisi diri, selanjutnya belajar mencerna  dalam pikiran dan pada akhirnya didokumentasikan dalam blog.
  2. Belajar membedah pikiran
    Membiasakan secara “cergam”, cerdas dan gamblang, didalam menulis sehingga ide-ide pemikiran yang terlintas secara cepat, dan lugas dapat  didokumentasikan secara cepat. Untuk mendokumentasikan dalam bentuk tulisan tidaklah mudah dilakukan, karena kita harus bisa belajar membedah pikiran. Membedah pikiran berarti bagaikan memainkan ulang MP3 sesuai yang terlintas dalam intuisi, inilah letak seni menulis secara cepat seakan membedah kembali pikiran-pikiran yang biasanya terlintas dalam bentuk intuisi.
  3. Belajar berbagi ilmu
    Berbagi ilmu itu adalah roh utama dari para pendidik ilmu. Oleh karena itu belajarlah mencintai budaya berbagi ilmu atau knowledge sharing, kalau dalam diri merasa nikmat dan mencintai didalam berbagi ilmu maka anda sekalian memang diciptakan sebagai penyebar ilmu didunia ini. Akan tetapi kalau dalam diri tidak ada kenikmatan dan kecintaan  didalam berbagi ilmu, maka anda sekalian tidak diciptakan sebagai penyebar ilmu. Karena setiap bidang pekerjaan utamanya adalah kecintaan. Hasil jerih payah yang pada umumnya adalah uang, adalah hasil jerih payah yang harus terlahir dari komitmen pekerjaan yang dijalankan berlandaskan cinta, sesuai dengan tuntutan kompetensinya masing-masing.
  4. Belajar mendokumentasikan dalam bentuk tulisan
    Bangsa kita tergolong yang jarang mendokumentasikan dalam bentuk tulisan, namun kali ini aku sangat-sangat memaksakan diri untuk dapat mendokumentasikan dalam bentuk tulisan. Mengapa ?, karena aku pernah membutuhkan waktu yang lama untuk mengingat kembali apa yang pernah aku lakukan, aku lakukan lagi karena kebutuhan yang sangat penting dan mendesak. Awalnya aku belajar RTAI (Real Time Application Interface), sama Bang Dhece (dahulu di UPPTI-UB), memang banyak kegiatan yang mengulang-ulang untuk mengkompilasi OS Linux RTAI. Dari situlah aku mulai belajar mendokumentasikan dalam web dengan menggunakan “Plone” di server Linux. Dokumentasi sangat perlu, karena kita tidak perlu ribet belajar kembali apa yang pernah dilakukan, melainkan membuka ulang apa yang pernah kita tuliskan. Blog merupakan sarana praktis karena dapat diakses dimana-mana lewat jaringan internet.
  5. Sebagai catatan harian aktifitas kerja
    Dalam blog ini aku sudah mulai belajar mendokumentasikan apa-apa yang akan dan sudah dilakukan dalam setiap aktifitas kerja sebagai dosen UB. Dalam blog ini aku sudah mulai mendokumentasikanaktifitas skripsi mahasiswa, mulai dari proposal, penyelesaian skripsi, dan hasil akhir skripsi. Apalagi topik-topik skripsi kali ini terlahir dari hobi baruku yang dapat ditarik secara ilmiah dibidang sistem kontrol.

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in Utak atik, Web and tagged , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to blog-ku berumur 1 bulan dapat hadiah

  1. ponco says:

    selamat pak bambang, sy ikut suka cita :D

  2. anto says:

    wew asyik ya Pak ngeblog dapet hadiah HDD external 1TB.
    buat alumni TEUB ga ada fasilitas ngeblog di UB ya Pak?
    untuk rekam jejak setelah lulus hehehe…

    salam,
    anto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>