Hobi baruku

Aku memang suka meng-ekplorasi diri tentang hobi-hobi baru yang membuat aku tertarik dan memungkinkan aku dapat melakukannya. Sekitar pada pertengahan  semester genap tahun ajaran 2010/2011 (semester 6) dimana  riset S3ku mulai mangkrak kekurangan dana, saat itu ada 3bulan BPPSku paling terakhir belum dibayar. Aku tanpa merencanakan sesuatu, teman dosen TEUB Bapak Poerwanto mengajak aku ke MOG karena ada stand yang menjual RC-Model. Aku mulai berpikir ternyata mengasikkan juga dan sarat dengan teknologi elektronika serta teknologi perancangan pesawat model.

Mengapa aku sangat antusias menggeluti hobi baruku ?

Awalnya aku hanya mengikuti rasa senang yang muncul dari hati sanubariku. Bagi teman-teman yang telah mengenalku melihat apa yang aku lakukan dengan hobi baruku ini, maka akan sedikit bertanya mengapa kok tidak diseriusi saja Disertasinya.
Memang semua alasan-alasan yang aku lontarkan tidak mungkin membuat semua orang mau menerima pejelasanku. Memang apa-apa yang ada dikenyataan yang aku jalani dan apa yang ada di relung hatiku, tidak mungkin akan bisa dimengerti dan dipahami oleh semua orang dengan hanya menjelaskan melalui-kata-kata. Walaupun aku selalu mengikuti alam yang ada didalam hati sanubariku, ternyata hati sanubari juga bisa menjelaskan alasan-alasan pertimbangan yang aku putuskan untuk dijalani. Namun saat itu seperti hanya memberikan pernyataan pemikiran yang barang tentu tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata apalagi ditelaah dengan akal-pikir yang diotak. Hanya saja seakan berkata “jalankan saja kelak kamu akan menikmatinya”.

Secara pemikiran menggunakan akal-pikir, aku (akal-pikir) berpikir daripada melanjutkan riset yang masih jauh membutuhkan dana, dengan dilandasi rasa keingintahuan dan senang secara tulus ikhlas, aku terpikat untuk mencoba melaluinya. Dengan segala pertimbangan dana yang ada, aku putuskan sisa BPPSku yang tinggal 3 bulan dan tidak seberapa besarnya, aku belikan sebuah Remote Control da4n sebuah dongle USB software simulasi RC-Plane. Aku mengambil keputusan untuk membeli Remote Control yang profesional, karena aku berniat betul-betul mempelajarinya secara detail baik cara membuat pesawat dan sistem elektroniknya. Jadi aku putuskan tidak membeli Pesawat Model yang satu paket dengan Remote Controlnya, karena biasanya tidak versi profesional.

Radio Control

Radio control berfungsi untuk menyampaikan informasi kendali dari pilot dikirim menggunakan gelombang radio. Informasi berupa 4 kanal yaitu: informasi kendali untuk Throtle, Elevator, Ruder dan Aileron. Dari keempat kendali ini pesawat model sayap tetap bisa dikendalikan sesuai dengan kehendak pilot.

RC ini jika digabungkan dengan USB-dongle kita bisa mengunakan simulator untuk belajar menjadi pilot menggunakan simulator:  Phoenix-RC, XTR, Aerofly, RealFlight.

Transmitter dan Receiver

Pada Radio Controlku yang aku punya bagian TX dan RX aku ganti dengan spesifikasi long range dengan jangkauan sekitar 1,5Km lebih. Hal ini aku persiapkan bila nanti saya berekperimen ke taraf yang lebih tinggi yaitu FPV (First Person View) atau UAV (Unmanned Aero Vechile).

TX dan RX menggunakan teknologi digital didalam mengirimkan informasi komanda dari pilot sehingga tidak akan berinterferensi dengan yang sejenis. Tergolong menggunakan frekwensi 2,4GHz tidak akan mengganggu Internet Wireless, karena menggunakan FHSS yang cenderung mencari frekwensi yang tidak digunakan secara otomatis. Antenanya memiliki penguatan 3dB, bila dinginkan bisa diganti dengan antena yang lebih tinggi penguatannya. Receiver memiliki 8 kanal dengan modulasi PPM (Position Pulse Modulation).

Menggabungkan bebagai bidang ilmu

Hobi yang satu ini akan menyatukan beberapa aspek ilmu pengetahuan di bidang elektronika yang telah aku pelajari satu persatu sebelumnya seperti:

  1. Digital Electronics
  2. Microprocessor Application
  3. Comptuter Interfacing dan Programming
  4. FPGA
  5. Digital Control System
  6. Data Communication

Mengapa saya sangat menggebu dibidang ini, karena dapat mengawinkan ilmu pengetahuan yang telah aku pelajari menjadi suatu hobi yang mengasikkan. Terlebih lagi, bidang yang satu ini memiliki penguatan terhadap paket Sistem Kontrol di Jurusan Teknik Elektro UB. Bahkan menghasilkan beberapa judul-judul tugas akhir untuk mahasiswa dibidang Sistem Kontrol. Sambil bermain, sambil belajar, sambil mengajar, insyallah semua yang aku lakukan akan bermanfaat bagi diriku dan orang lain.

 

 

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in hobby, RC Model and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Hobi baruku

  1. nur hidayat says:

    meski hobby, S3 harus tetep jalan Pak eman2 kalo uang pribadi terbuang untuk bayar spp
    salam sukses

    • he he he
      terimakasih perhatiannya pak, lah disertasi saya kan running on the background. ini hanya selimuran karena susah cari dana riset di institusi kita, kayaknya pesimis tidak ada dananya.
      spp selama ini masih dibayari fakultas saya pak. hobi ini juga memberikan penguatan masukan finansial saya diluar profesi dosen, mengingat semua masukan tertutup, seperti uang makan, mengajar nunut ala kadarnya, serdos blon bisa. pendapatan menurun, yah semuanya saling berkaitan pak.
      yah banyu mili lah, insyaallah kalau tuhan berkehendak yah selesai juga pak. tetep jalan kok pak tapi tergantung banyu mili.

      salam satu jiwa.

  2. rizkyaidila says:

    Pak, ada lg gak game2 yang tentang mengemudi pesawat?
    Trmaksh.

    • Pak itu bukan game, tapi simulator rc plane. suasananya hampir mirip jika praktek dilapangan. simulator rc yang lainnya selain phoenix banyak diantaranya: aerofly, XTR, Realflight RC simulator. saya pake phoenix karena laptop saya gak canggih.

      kalau butuh usb donglenya dan radio tx/rx bisa pesan ke saya pak untuk 4 macam simulator.

  3. dhiyan 89 says:

    pak siswoyo itu malang mana ya pak?>>>>>>>>>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>