gravatar.com membuat profile foto kita mendunia

Kali ini aku akan membahas perlunya profile foto kita bisa berada dimana-mana, terutama pada saat memberikan comment diblog mana saja. Biasanya kita memasang foto hanya di profile lokal saja. Sehingga teman-teman kita memberikan comment, maka foto tidak akan terpampang melainkan foto default seperti berikut ini:

Cara kerjanya adalah email yang didaftarkan diblog saya didaftarkan di http://gravatar.com, selanjutnya diupload foto kita, dan anda bisa mensetting untuk bisa mendunia dengan web apa saja, misal twiter, facebook, wordpress. Jika anda membuka wordpress misalnya, wordpress akan mencocokan email pda profile wordpress kemudian mengecek di server http://gravatar.com untuk selanjutnya mengambil foto untuk dipampang. Selain itu server tersebut juga memberikan laporan apakah clientnya aktif atau tidak. Dapat ditambahkan widget avatar di sidebar anda. Ini berbeda dengan widget member, karena merupakan member lokal pada satu server wordpress. Saya sudah mencobanya ke server lainnya yaitu blog student UB, fotonya juga nampang di comment, padahal servernya berbeda.

Begini caranya untuk mendaftarkan email blog anda:

 

  • Klik Get your Gravatar today

  • Setelah anda memasukkan email blog anda dan klik signup, anda akan memperoleh konfirmasi. Silakan masuk ke email anda dan klik link activasi. Isilah username yang anda inginkan dan password. Selanjutnya anda masuk ke gravatar dengan user email/username dan password.
  • Setelah anda masuk klik “My Account” => Add an Image, maka akan muncul:

  • Ada 4 pilihan cara memasang foto: yang pertama diperoleh dari file dikomputer anda, kedua diperoleh dari link internet yang berisi foto, ketiga diperoleh dari webcam yang terpasang dikomputer anda, keempat dari foto yang sudah pernah diupload.

Selanjunya ikutilah petunjuk yang diberikan gravatar, karena secara otomatis jika kebesaran anda diberi kesempatan untuk meng-crope.

Cara setting diblog anda

Masuklah kedalam blog anda kemudia klik menu sebelah kiri “Settings” => “Discussion” maka akan muncul:

Pastikan pilihan-pilihan tersebut diklik agar bisa berfungsi menampilkan foto anda di semua blog wordpress. Jika anda menginginkan email yang lain, anda tidak perlu mendaftar kembali, cukup tambahkan email lain yang anda punya, dan setting fotonya, tentunya bisa berlainan.

Testing comment diblog penyedia hosting lain

Berikut ini hasil uji coba dengan memberikan comment diblog yang disediakan oleh hostinglain di luar negeri.

Selamat mencoba, dan perlu diingat, gravatar perlu waktu untuk membuat perubahan profile foto anda.

 

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in Web and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to gravatar.com membuat profile foto kita mendunia

  1. arief says:

    mas,,kalo setting untuk fotokita.net itu gmna ya? kok selalu muncul “We’re sorry, we couldn’t find that profile. You can view your own profile though.” padahal udah login dan daftar,,, mohon ilmunya,, :)
    makasih dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>