GIMP: program open source manipulasi gambar

 

Karena aku sudah terbiasa di dunia elektronik, dalam keseharian kalau lagi menganggur dirumah biasanya langsung ngenet, mengelana dunia lewat jalur maya. Apalagi kecepatan internet cukup lumayan cepat menggunakan USB-SmartFren, aku tambahkan antena yagi diatap genteng biar dapat sinyal EVDO dan aku arahkan ke Tlogomas. Posisiku di sengkaling tepat didepan Taman Rekreasi Sengkaling, memang tidak mendapatkan sinyal EVDO. Antena aku buat sendiri, lain kali akan aku posting disini bagaimana cara membuatnya.

Kalau lagi mengelana lewat internet, memang tanpa terasa menghabiskan waktu berjam-jam. Tapi itu tanpa terasa, apalagi disediakan secangkir kopi yang bisa tersedia secara otomatis. Apa lagi yang menyediakannya adalah mantan pacar saya, yang telah menemani hidup sampai saat ini 21th. Oleh karena itu nikmatilah hidup dengan penuh kesabaran: LOVE + love akan memperoleh cinta yang abadi.

Langsung aku akan membahas tentang software yang dapat digunakan untuk memanipulasi gambar. Aku menggunakan program yang sudah barang tetntu yang gratisan atau open source digunakan untuk memanipulasi gambar. Awalnya aku butuhkan untuk membuat background gambar menjadi transparent mengikuti background yang ada di halaman blog. Dengan background mengikuti backgroud blog, akan terlihat gambarnya menyatu dan tidak seperti tempelan. Dua foto merupakan hasil manipulasi dengan menggunakan GIMP.

Situs resmi GIMP adalah http://www.gimp.org. GIMP singkatan dari  GNU Image Manipulation Program, yang disediakan secara gratisan atau open source.

Download, selajutnya installah dalam komputer anda, kemudian jalankan.

Memanipulasi gambar dengan background transparency

  • Jalankan program
  • Buka file gambar yang akan dimanipulasi

  • Sorot Layer -> Transparency -> Add Alpha Channel

  • Pilih icon Fuzzy Select Tool

  • Klik daerah yang akan di transparency

  • Kemudian sorot Edit -> Clear atau tekan tombol del

  • Lakukan cara yang sama untuk daerah lainnya. Dan simpan dengan ektensi .png atau .gif.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

 

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in Program open source, Web and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to GIMP: program open source manipulasi gambar

  1. habybpalyoga says:

    Hahaha,saya kira tadi apa pak,ternyata editing ini. Kira-kira di photoshop bisa dilakukan ngga pak? kalau bisa di share dong pak :) makasih

    http://www.blog.ub.ac.id/habybpalyoga
    http://www.habybpalyoga.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>