Cara mengopi web

I apologized profusely, if the contents of this post adverse parties, especially the hosting provider. This is not judging, just a tutorial in order to maintain the confidentiality of personal self. By above statement, I can not be prosecuted before the law by anyone.
Thank you
Best Regard
Author: Bambang Siswoyo

Author: Bambang Siswoyo

Pengalaman ini muncul saat aku membutuhkannya, saat websiteku http://diyfpga.com sudah hampir mati, karena sudah tidak punya kocek lagi untuk memperpanjangnya diperlukan sekitar 600rb-a/thn . Webku tergolong sudah dikenal oleh manca negara dibuat setahun yang lalu dengan traffik pengunjung sekitar 70rb-an.  Sekarang website tersebut hanya meninggalkan jejak rekam di google.com saja.

Yah itu terdorong oleh semangat ingin mengetahui sebenarnya bagaimana membangun web mulai dari awal, registrasi DNS, registrasi Hosting, aku membelinya di salah satu penyedia hosting luar negeri.

Aku membangun web menggunakan platform wordpress seperti yang digunakan di blog ini. Akhirnya aku putuskan web gratisan bagi dosen dengan sub-domain di http://bsiswoyo.lecture.ub.ac.id.

Memang awalnya merasa dikekang menggunakan fasilitas di web ini, karena jika dibandingkan sebelumnya aku dapat berbuat apa saja untuk mendisain webku. Pertama aku risih di Blog ini tidak diperkenakan coding atau menyisipkan JavaScript, untuk mempercantik Blogku. Yah mudah-mudahan bapak admin bisa membuka fasilitas JavaScript, karena bukan alasan lagi untuk menutupnya dengan dalih keamanan.

Aku putuskan untuk mengopi webku http://diyfpga.com

Aku mulai mengopi webku dengan menggunakan software yang bernama HTTrack Website Copier. Software ini “Free” atau gratisan berbasis GPL (GNU GENERAL PUBLIC LICENSE). Jadi tidak khawatir dituduh menggunakan software bajakan. Software bisa didownload disini.

Tujuan software ini adalah untuk mengopi seluruh isi web (html based) di komputer anda sehingga bisa dibaca secara off-line. Namun perlu diingat hasilnya bukan dinamik seperti aslinya, namun secara static, misal search tidak akan bekerja sempurna dlsb. Tapi tidak apalah, karena yang penting konten webku bisa terbaca di komputerku sebelum server mati.

Mula-mula aku pilih bahasa “English” klik Ok.

Kemudian diberi kesempatan mengisi proxy dan portnya:

Kalau memang gak punya proxy yah langkahi saja isian ini dengan meng-klik “Cancel” atau isi nama atau ip proxy beserta portnya dan klik “Ok”.

Nah….

Sampai saat ini akan muncul halaman utama untuk memulai pengkopian isi web statik dengan alamat web terntentu.

Pada saat mucul “Welcome…..” klik next. Isian akan muncul:

  1. New project name
    Isi dengan nama proyek yang bersesuaian dengan isi web, ini berfungsi untuk pengelompokan, saya mengisinya “tutor”
  2. Project Category
    Isi ciri khus kategori yang dimaksud dengan isi web, saya mengisinya “fpga”
  3. Base path
    Isi dengan drive dan folder tempat meyimpan isi situs yang akan dikopi. Sebaiknya hindari penggunakan drive windows installer (c:), karena saya pernah khilaf data terformat karena lupa langsung install windows xp baru. Sering ini disepelekan padahal fatal akbitanya.

Selesai sudah………dan tunggu dengan sabar waktu ditentukan dengan bandwidth dari kedua belah pihak yaitu anda dan server yang dituju.

Untuk membukanya, buka web browser, open file dimana anda menyimpan kopinya dan cari nama file index.html. Biasanya diletakkan difolder Base Path.

Selamat menggunakan, semoga berguna.

 

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in Utak atik, Web and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Cara mengopi web

  1. mudah-mudahn lebih bermanfaat pak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>