Belajar Scilab: plot grafik 2D

Isi materi ini ditujukan untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada semua pengunjung blog ini.
Silakan digunakan untuk kepentingan proses pembelajaran untuk mencerdaskan bangsa ini dengan tidak lupa menyebutkan sumbernya.
Namun yang harus dihidari adalah: mengambil isi dengan mengakui sebagai haknya, mengambil isi untuk tujuan komersialisasi.
Semua tergantung kepada hati-nurani, jika terjadi saya berkewajiban mengingatkan para plagiator. Biasakan sesuatunya terlahir dari tangan anda, itu menunjukkan bahwa anda ada dan anda diberi hidayah sebagai ciptaanNya yang paling mulia untuk memberikan manfaat di dunia ini. Biasakanlah memberikan manfaat kepada orang lain, dan jangan membiasakan memanfaatkan orang lain.

Dengan menggunakan Scilab mem-plot grafik 2 dimensi dapat dilakukan dengan mudah, dengan memberikan perintah-perintah dalam scilab. Sebenarnya scilab dapat melakukan berbagai macam variasi untuk mengeplot 2D dan 3D, namun dalam posting disini dijelaskan untuk 2D.

Grafik secara umum yang dapat dilakukan oleh scilab adalah: plot xy, plot kontur, plot 3D, histogram, bar chart, dll. Biasakanlah didalam belajar scilab menggunakan perintah-perintah secara manual melalui console scilab, hal ini akan membiasakan anda untuk memperkuat ingatan tentang fasilitas-fasilitas fungsi yang ada di scilab, selanjutnya akan memperkuat didalam membuat program dalam scilab.

Jalan program scilab, gunakan console, masukkan perintah-perintah berikut ini:

-->x=linspace(0,10,21)
 x  =

         column  1 to 18

    0.    0.5    1.    1.5    2.    2.5    3.    3.5    4.    4.5    5.    5.5
    6.    6.5    7.    7.5    8.    8.5    

         column 19 to 21

    9.    9.5    10. 

Perintah diatas artinya variabel x diisi dengan deret data secara linier mulai dari 0 sampai 10 dengan 21 data. Nampak bahwa data diisi dengan mulai 0 seterusnya dengan pertambahan nilai 0.5.

--> y=linspace(0,20,21) 
  y  =          
       column  1 to 18    
   0.    1.    2.    3.    4.    5.    6.    7.    8.    9.    10.     11.   
   12.   13.    14.    15.    16.    17. 

      column 19 to 21
   18.    19.    20.     

Perintah diatas sama dengan sebelumnya, yaitu variabel y diisi dengan deret data secara linier mulai 0 sampai 20 dengan 21 data, dimulai dengan 0 seterusnya dengan pertambahan nilai 0.5.

Sampai disini sudah ada data di variable x dan y masing-masing dengan 21 data, selanjutnya data tersebut akan diplot pada salib sumbu x,y. Perintah yang digunakan dengan perintah yang tersedia di matlab, sebagai berikut:

--> plot(x,y)

Perintah tersebut akan diplot sebagai berikut:

Nampak hasilnya adalah garis linier. Sarat mutlak didalam memplot dua array data adalah jumlah data haruslah sama, jika tidak scilab akan mengeluarkan pesan kesalahan. Pesan kesalahan tersebut adalah:

-->plot(x,y)
 !--error 10000
plot: Wrong size for input arguments 'X' and 'Y': Incompatible dimensions.
at line      93 of function checkXYPair called by :
at line     233 of function plot called by :
plot(x,y)

Seperti yang anda lihat grafik anda pertama dibuka dalam window 0. Jika anda menginginkan membuka window grafik sesuai yang anda suka lakukan perintah berikut:

-->xset('window',1)

Perintah diatas seakan anda mememesan dan mengarahkan ke window grafik nomer 1. Selanjutnya perintah-perintah yang berhubungan dengan grafik, akan ditujukan ke grafik 1. Oleh scilab akan dibuatkan window grafik dengan nomer 1, namun kosong isinya. Jika perintah ini diarahkan ke nomer grafik yang telah ada windownya (misal 0), maka tidak akan dibuatkan window baru, namun perintah selanjutnya akan mengarah ke nomer window grafik yang baru disebutkan.

Selanjutnya coba perintah berikut ini:

plot2d(x,y,style=3)

Perintah khusus plot 3d, sama seperti plot(x,y), namun memiliki argumen opsional yaitu argumen ke 3 “style” yang secara langsung anda bisa memilih style yang tersedia. Hasilnya sebagai berikut ini:

 Coba sendiri untuk  argumen style dengan nilai negatip. Style ini biasanya berguna untuk memberikan tampilan yang berbeda untuk setiap grafik yang ditampilkan. Selain itu dapat ditampilkan grafik dengan nilai awal tertentu untuk x dan y, seperti perintah berikut ini.

-->plot2d(x,y,style=-4,rect=[1,4,10,10])

 Perintah diatas menggunakan 4 argumen, yang terakhir mendefinisikan nilai awal sampai akhir dari x,y grafik akan diplot. Perintah diatas grafik diplot mulai x= 1 sampai 10, dan y = 4 sampai 10. Hasilnya nampak dalam gambar berikut ini.

Sekarang akan ditunjukkan bagaimana menambahkan judul, nama axis dan legend pada grafik.

-->title("Grafik omset penjualan")

-->xlabel("Hari ke:")

-->ylabel("Jumlah dalam ribuan")

Perintah diatas untuk memberikan judul, nama axis x, nama axis y. Hasilnya akan nampak sebagai berikut.

 

 Penulisan perintah diatas dapat disingkat dengan perintah berikut ini:

-->xtitle("Grafik omset penjualan","Hari ke:","Jumlah dalam ribuan")

 Perintah langsung menggunakan 3 argumen, dimulai dengan judul, nama axis x, nama axis y. Perintah ini sangat singkat penulisannya. Untuk menghapus grafik pada window sekarang bis menggunakan clf (clear figure), disamping secara langsung  dengan cara menutup window grafik.

Selanjutnya akan ditunjukkan bagaimana menampilkan duagrif dalam satu window grafik.

Fungsi grafik pertama: , sedangkan fungsi grafik yang kedua adalah: .

Grafik akan dimunculkan y1 fungsi x, y2 fungsi x. Grafik juga akan diberi judl dan label axis x dan axis y. Perintah berikut silakan anda coba sendiri.

-->x=linspace(1,10,50);

-->y1=x^2;

-->plot(x,y1,"o-")

-->y2=2*x^2;

-->plot(x,y2,"+-")

-->xtitle("Dua Grafik dalam satu window","X axis","Y axis")

 Hasilnya diperlihatkan dalam gambar berikut:

 Style untuk fungsi menggunakan argumen “o-”, sehingga ditampilkan grafik menggunakan huruf o. Sedangkan style untuk fungsi menggunakan argumen “+-”, sehingga grafik ditampilkan dengan karakter +.

Selanjutnya akan ditunjukkan bagaimana memberikan legend pada masing-masing grafik seperti perintah berikut ini:

-->legend ( " x ^ 2 " , " 2* x ^ 2 " );

Hasilnya akan nampak sebagai berikut:

 Untuk lebih jelasnya tekan icon demo:

Kemudian pilih “Graphics” => “2D and 3D plots”.

 

Ikutilah dan amatilah setiap demo yang ditampilkan dengan menekan tombol <enter>.

 Semoga bermanfaat, selamat belajar semoga sukses.

 

Last updated by at .

Avatar of Bambang Siswoyo

About Bambang Siswoyo

I am a college lecturer since 1988 at UB (University of Brawijaya) in the electronics department. My experience: Applications of Microprocessor system, Applications of Control System, Applications of Field Programmable Gate Array, Computer Programming in computer instrumentations. My hobby: Music especially playing the saxophone, hiking and exploring the countryside.
This entry was posted in Program open source, scilab and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Belajar Scilab: plot grafik 2D

  1. Wie says:

    Siiippp ….
    Suwun …
    Iki lagi download ….
    Wie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>